Kamis, 12 Februari 2015

Learing Online Bussines

Apa kabar kawan2?
Pencapaian apa yang sudah diraih hari ini?
Adakah itu lebih baik, sama atau malah lebih buruk dari hari-hari yang lalu?
Masing2 kita tentu tahu ada di posisi mana kita berada saat ini.
Mari kembali fokus pada "goals" yang sudah dicanangkan
Copas berikut sekedar untuk menggugah & memantik semangat kewirausahaan kita, syukur2 jika ada yg membutuhkannya (jadi, jika tidak berkenan, ya mohon maafnya saja ya, hehe)

Cara Memulai Bisnis Online

Kebanyakan dari kita ketika ingin memulai bisnis, hal pertama yang dilakukan adalah membuat produknya terlebih dahulu. Sedangkan pasar yang akan kita bidik dipikirkan belakangan. Kita biasanya berpikir bahwa produk yang bagus pasti memiliki prospek penjualan yang bagus pula. Tetapi kita jarang melakukan survey apakah produk tersebut banyak dicari atau dibutuhkan orang atau tidak, dan persaingannya cukup ketat atau tidak.
Agar bisnis kita memiliki kemungkinan sukses lebih besar maka semestinya memulai dari pasarnya terlebih dahulu. Cari apa yang banyak dicari atau dibutuhkan orang tetapi mereka tidak menemukan cukup banyak solusi untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Dengan internet kita bisa melakukan riset untuk mengetahui pasar tersebut dengan mudah:

Langkah 1:
Cari apa yang dibutuhkan orang banyak

1. Mengunjungi forum-forum online dan lihat apa yang sering  ditanyakan oleh anggota dan masalah apa yang mereka miliki.
2. Melakukan riset kata kunci (keywords) yang banyak dicari orang, tetapi website yang yang berkaitan dengan kata kunci tersebut kompetisinya tidak terlalu tinggi.
3. Mengunjungi website calon kompetitor dan pelajari apa yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan customer di pangsa pasar tersebut.
4. Dengan riset diatas kita bisa mengetahui sebesar apa pangsa pasar yang ada. Kita juga bisa mempelajari produk dan bagaimana cara memenuhi permintaan pasar tersebut dari calon kompetitor yang telah kita kunjungi websitenya.
5. Membuat atau mencari supplier produk yang telah kita riset potensi pasarnya tadi. Bila kita mendapatkan produk dari supplier usahakan harganya kompetitif dari harga kompetitor yang sudah ada. Yang terpenting adalah kita harus melakukannya lebih baik dari kompetitor yang ada.

Langkah 2:
Membuat sales copy yang menjual

Dengan sales copy yang menjual akan merangsang calon customer untuk melakukan pembelian. Tips membuat sales copy yang menjual diantaranya adalah:

1. Membuat judul menarik yang membangkitkan minat calon customer melakukan pembelian.
2. Menjelaskan masalah-masalah apa saja yang bisa diatasi oleh produk kita. Jangan hanya menjelaskan fitur-fitur produk saja.
3. Menambahkan testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk kita.
4. Menuliskan sales copy seperti layaknya kita menjelaskan dihadapan customer.
5. Menuliskan detail produk dan manfaatnya bagi customer.
6. Melakukan program diskon dan sale pada momen-momen tertentu.
7. Membuat program jaminan, misal jaminan uang kembali bila tidak puas, dll.

Dalam membuat sales copy, kita harus fokus pada bagaimana produk kita mampu memecahkan masalah calon customer  atau membuat hidup mereka lebih baik. Saat membuat sales copy posisikan diri kita sebagai customer. Customer selalu berpikir “Apa untungnya produk ini bagi saya?”

Langkah 3:
Membuat website

Setelah kita tahu pangsa pasar yang akan kita bidik dan kita juga sudah memiliki produk yang akan kita jual ke pangsa pasar tersebut. Kita juga sudah menentukan bagaimana proses penjualan akan kita lakukan, maka kini saatnya untuk membuat website bisnis. Berikut ini beberapa tips dalam membuat website:

 Pilih satu atau dua jenis font dengan latar belakang putih. Buat website kita sesederhana mungkin agar pengunjung mengaksesnya ringan dan cepat. Kecepatan akses menjadi sangat penting, karena bila dalam 5 detik saja website belum terbuka maka pengunjung akan meninggalkan website kita.

 Membuat navigasi yang jelas, sederhana, dan sama untuk setiap halaman.Menggunakan gambar, audio atau video bila hanya untuk memperkuat pesan pada produk kita. Karena content seperti itu akan memperlambat akses pengunjung.

 Buat form penawaran opt-in yang berfungsi untuk mengumpulkan data/email pengunjung website kita. Database ini sangat penting saat kita ingin menawarkan produk atau penawaran khusus nantinya.

 Membuat proses pembelian semudah mungkin usahakan tidak lebih dari 2 klik sudah sampai proses check out. Website bisnis ini adalah toko online kita, jadi kita harus membuatnya ramah pelanggan (user  friendly).

Langkah 4:
Menggunakan mesin pencari (search engine) untuk mendatangkan pembeli yang sesuai target

Iklan PPC (Pay Per Click) adalah cara termudah untuk menarik pengunjung ke website kita yang masih baru. Untuk menghasilkan pengunjung yang organik memerlukan waktu yang lama bagi sebuah website bisnis (toko online) yang masih baru, oleh karenanya sambil menunggu traffic pengunjung meningkat, kita bisa menggunakan iklan PPC untuk menarik pengunjung secara instant website kita.

Selain itu dengan iklan PPC kita bisa melakukan pengujian dengan kata kunci (keyword) yang berbeda, dengan begitu kita bisa mengetahui keyword yang menghasilkan konversi penjualan paling tinggi. Setelah mengetahui keyword yang paling efektif kita bisa membuat content di website kita sehingga akan mempercepat ranking website naik di search engine secara organik.

Langkah 5:
Membangun Reputasi
Orang-orang menggunakan internet tujuannya untuk mencari informasi, oleh karena itu bagikan informasi, tips & trik, dll yang berkaitan dengan bisnis dan produk yang kita jual secara gratis di situs-situs yang memiliki traffic pengunjung tinggi dan ranking di search engine lebih baik dari website kita.

Sumber: http://tangandiatas.com/2014/12/16/bagaimana-cara-memulai-bisnis-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar